Resep Cara Membuat Bubur Sumsum Lembut dan Enak

Resep Cara Membuat Bubur Sumsum Lembut dan Enak

Resep cara membuat bubur sumsum lembut dan enak – kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan bernama bubur sumsum. Ya, hingga saat ini, masih banyak penjual yang menjajakan bubur sumsum, terutama penjual keliling dan di pinggir jalan.

Bubur sumsum memang memiliki cita rasa yang sangat cocok dengan lidah orang Indonesia. Teksturnya yang lembut juga menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang masih mengidolakannya.

Ternyata membuat bubur sumsum sangatlah mudah. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga sederhana, gampang diperoleh dan ekonomis. Di bawah ini Resep Tante bagikan resep bubur sumsum yang lembut dan enak secara lengkap.

Resep Cara Membuat Bubur Sumsum

Pertama-tama, siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bubur sumsum. Antara lain sebagai berikut:

Bahan-bahan

  • Tepung beras ½ kg
  • Santan 1 liter
  • Gula merah ¼ kg
  • Daun pandan 2 helai
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Bubur Sumsum

Setelah menyiapkan semua bahan di atas, sekarang ikuti langkah-langkah membuat bubur sumsum di bawah ini:

  1. Masukkan santan dan tepung beras ke dalam panci. Aduk hingga merata dan pastikan tidak ada tepung beras yang menggumpal. Masukkan juga daun pandan.
  2. Masak campuran bahan-bahan tersebut dengan api sedang sembari diaduk pelan sampai adonan menggumpal. Proses ini biasanya membutuhkan waktu 30 menit.
  3. Matikan api, dinginkan adonan sampai benar-benar dingin.
  4. Sekarang kamu bisa membuat kuah gula merah. Caranya, terlebih dahulu hancurkan gula merah, lalu tuangkan air secukupnya.
  5. Masak gula merah yang telah dicampuri air itu di atas api sedang. Tambahkan daun pandan. Masak hingga teksturnya mengental ya!
  6. Untuk penyajiannya, siapkan mangkuk, masukkan bubur sumsum lalu siram dengan kuah gula merah.
  7. Selesai, bubur sumsum siap dinikmati.
Coba Juga :  Resep Cara Membuat Bubur Kacang Merah Enak & Mudah

Bubur sumsum sangat cocok disantap pada pagi hari dalam keadaan hangat. Namun, bukan berarti kamu tidak boleh menikmatinya di siang hari. Bahkan, kamu bisa lho menyantapnya dalam keadaan dingin (baru keluar dari kulkas) di siang yang terik.

Itulah resep cara membuat bubur sumsum yang lembut dan enak. Yuk cobain sekarang juga di rumah!