Resep Cara Membuat Kue Tambang Renyah Anti Gagal

Resep Cara Membuat Kue Tambang Renyah Anti Gagal

Resep cara membuat kue tambang renyah anti gagal – kue tambang adalah salah satu kue kering tradisional yang keberadaannya saat ini masih diburu banyak orang. Ini dikarenakan kue tambang memiliki bentuk yang unik, yakni panjang berpilin seperti tambang,

Selain disebut kue tambang, kue ini juga sering kali disebut kue untir-untir atau plintir. Memang sudah banyak orang yang menjual kue tambang. Tapi, kamu bisa lho membuatnya sendiri di rumah. Ini dia resepnya.

Resep Cara Membuat Kue Tambang Renyah Anti Gagal

Kamu harus menyiapkan beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue tambang. Berikut di antaranya:

Bahan-bahan

  • Tepung terigu serbaguna 500 gram
  • Gula halus 125 gram
  • Margarin 100 gram
  • Garam 1/4 sdt
  • Telur ayam 4 butir
  • Soda kue 1/2 sdt
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Kue Tambang Renyah Anti Gagal

Setelah menyiapkan bahan-bahan di atas, sekarang ikuti langkah-langkah membuat kue tambang yang renyah berikut ini:

  1. Pertama, campurkan tepung terigu dengan soda kue, garam, margarin, gula halus dan telur dalam satu wadah. Aduk campuran beberapa bahan tersebut hingga benar-benar rata.
  2. Lanjutkan dengan menguleni adonan yang telah tercampur rata hingga kalis.
  3. Ambil sebagian adonan, lalu tipiskan menggunakan gilingan dengan ketebalan 1/2 cm. Kamu bisa menaburkan tepung pada adonan terlebih dahulu sebelum menggiling agar adonan tidak lengket pada gilingan.
  4. Selanjutnya, potong-potong adonan dengan ukuran 1 cm x 7 cm.
  5. Pelintir adonan satu persatu, lalu satukan kedua ujung adonan menjadi satu. Setelah itu, pelintir lagi adonan tersebut menjadi bentuk seperti tambang. Lakukan langkah ini hingga adonan habis.
  6. Sekarang panaskan minyak dalam wajan, usahakan menggunakan mintak yang banyak untuk menggoreng ya! Kemudian masukkan adonan yang sudah dipelintir tadi ke dalam minyak yang sudah panas. Goreng hingga adonan berwarna cokelat keemasan, angkat dan tiriskan.
  7. Selesai, kue tambang siap disantap.
Coba Juga :  Resep Cara Membuat Mix Fruit Cookies Anti Ribet

Itulah resep cara membuat kue tambang renyah ala Resep Tante. Mudah dan simpel bukan? Oh ya masukkan kue tambang ke dalam stoples agar tetap enak dan renyah jika tidak segera dimakan. Selamat mencoba!