Resep Cara Membuat Gluten untuk Vegetarian

Resep Cara Membuat Gluten untuk Vegetarian

Resep cara membuat gluten untuk vegetarian – penganut vegetarian pasti sudah tidak asing lagi dengan gluten. Ya, gluten adalah ‘daging palsu’ yang biasa dikonsumsi oleh vegetarian.

Disebut daging palsu karena memang tidak terbuat dari daging hewan. Tapi, bentuk dan tampilannya mirip dengan daging hewan.

Para vegetarian biasanya menjadikan gluten sebagai lauk untuk makan utama. Mereka sering kali menyebut gluten sebagai lauk pengganti daging hewan yang sungguhan.

Nah, kali ini Resep Tante akan membagikan resep gluten. Simak dengan saksama ya!

Resep Cara Membuat Gluten untuk Vegetarian

Pembuatan gluten ini hanya membutuhkan 5 jenis bahan. Antara lain sebagai berikut:

Bahan-bahan

  • Tepung terigu 9 mangkuk
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Air 3 mangkuk
  • Kecap secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Gluten untuk Vegetarian

Di bawah ini adalah langkah-langkah cara membuat gluten atau daging palsu untuk vegetarian:

  1. Pertama-tama, masukkan tepung terigu dan sedikit garam ke dalam wadah yang memadai. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonannya mengental. Diamkan adonan gluten selama 4 jam. Oh ya, tutup adonan dengan kain basah ya!
  2. Setelah itu, cuci adonan dengan air mengalir secara pelan-pelan untuk mendapatkan sari-sarinya yang bentuknya seperti karet. Lakukan pencucian hingga tidak ada tepung yang menempel ya! Ini bisa ditunjukkan dengan bekas air cucian yang tidak kotor alias jernih.
  3. Sekarang tarik-tarik sari-sari adonan gluten seperti menggulung benar.
  4. Campurkan air ½ liter, kecap 3 sdm dan garam 1 sdt dalam satu wadah. Rendam sari-sari adonan gluten ke dalam campuran bumbu tersebut dan biarkan semalaman.
  5. Kemudian, rebus adonan gluten yang sudah direndam di dalam campuran bumbu selama 4 – 8 jam (sesuai selera). Perlu kamu ketahui, semakin lama merebus adonan gluten, hasilnya akan semakin bagus dan mirip dengan daging asli. Dinginkan gluten yang sudah matang.
  6. Goreng gluten hingga warnanya berubah menjadi kecokelatan. Angkat dan tiriskan.
  7. Selesai, gluten siap dinikmati.
Coba Juga :  Resep Cara Membuat Trancam, Mudah Banget

Itulah resep cara membuat gluten atau daging palsu untuk vegetarian ala Resep Tante. Membuat gluten memang membutuhkan waktu yang lama. Jadi, sebaiknya bikin banyak sekaligus seperti yang ditunjukkan resep di atas.