Resep Cara Membuat Nasi Jagung, Ternyata Mudah!

Resep Cara Membuat Nasi Jagung, Ternyata Mudah!

Resep cara membuat nasi jagung yang mudah – nasi jagung memang identik dengan makanan desa. Namun, belakangan ini banyak orang yang menjual nasi jagung dengan aneka lauk dan sayur untuk sarapan.

Kamu, terutama yang tinggal di Jawa Timur, pasti pernah makan nasi jagung, kan? Mungkin kamu dibikin penasaran bagaimana cara membuat nasi jagung yang enak dan gurih.

Ternyata tidak sulir membuat nasi jagung sendiri di rumah. Di bawah ini, Resep Tante akan bagikan resep nasi jagung yang enak dan gurih beserta langkah-langkahnya. Simak dengan saksama ya!

Resep Cara Membuat Nasi Jagung

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk mengolah nasi jagung ala Resep Tante tidaklah banyak. Berikut di antaranya:

Bahan-bahan

  • Jagung tumbukan atau meniran 250 gram
  • Beras 150 gram
  • Garam 1 ½ sdt
  • Santan 600 ml
  • Air 750 ml

Cara Membuat Nasi Jagung

Setelah menyiapkan semua bahan di atas, sekarang kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat nasi jagung yang enak dan gurih ala Resep Tante:

  1. Pertama-tama, beras dan jagung meniran atau tumbukan harus direndam dengan air terlebih dahulu selama 20 menit. Tambahkan garam saat merendamnya.
  2. Setelah itu, rebus beras dan jagung yang sudah direndam hingga airnya habis, angkat.
  3. Masukkan nasi jagung ke dalam panci kukus. Kemudian, siram nasi jagung dengan santan yang dihangatkan. Kukus hingga nasi jagung matang dengan sempurna ya!
  4. Angkat nasi jagung jika sudah matang. Kamu bisa menyajikannya selagi panas atau hangat agar rasanya makin nikmat.
  5. Selesai, nasi jagung siap disantap.
Coba Juga :  Resep Cara Membuat Nasi Pepes Jamur Enak dan Nagih

Menyantap nasi jagung menjadi semakin nikmat jika ditambahkan dengan kulupan, lauk tahu dan tempe serta sambal teri. Menu makanan ini sangat cocok disajikan untuk sarapan keluarga. Akan tetapi, kamu boleh-boleh saja menyajikannya untuk makan siang maupun makan malam keluarga.

Daripada beli di luar, lebih baik buat nasi jagung sendiri di rumah dengan mengikuti resep dari Resep Tante di atas. Iya nggak? Dijamin deh, semua orang yang mencicipi nasi jagung buatanmu bakal ketagihan.

Itulah resep cara membuat nasi jagung yang enak dan gurih ala Resep Tante. Sangat mudah lho!