Resep Cara Membuat Wajik Durian Anti Gagal

Resep Cara Membuat Wajik Durian Anti Gagal

Resep cara membuat wajik durian anti gagal – Buah durian memang terkenal sebagai ‘legenda’ di kalangan masyarakat luas. Durian yang juga dikenal sebagai raja buah memiliki aroma yang khas sekaligus rasa yang sangat enak. Namun, apa jadinya jika buah durian diolah menjadi jajanan tradisional seperti kue wajik?

Kue wajik adalah salah satu jajanan tradisional yang berasal dari Jawa. Pengolahannya berasal dari beras ketan putih yang dicampur dengan gula merah. Namun seiring perkembangan zaman, masyarakat mulai menyesuaikan olahan kue wajik dengan budaya sekitar, misalnya ditambahkan buah durian.

Nah, di bawah ini Resep Tante bagikan resep wajik durian beserta langkah-langkah pembuatannya. Simak sampai tuntas!

Resep Cara Membuat Wajik Durian Anti Gagal

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat wajik durian perlu kamu siapkan terlebih dahulu. Berikut di antaranya:

Bahan-bahan

  • Beras ketan putih 400 gram, rendam selama 2 jam
  • Santan cair 250 ml
  • Daun pandan 3 lembar, ikat simpul
  • Daging buah durian 300 gram, haluskan
  • Gula merah 400 gram, sisir tipis-tipis
  • Santan sedang 200 ml
  • Gula pasir 100 gram
  • Garam ½ sdt

Cara Membuat Wajik Durian Anti Gagal

Setelah menyiapkan semua bahan di atas, sekarang ikuti langkah-langkah pembuatan wajik durian ala Resep Tante berikut ini:

  1. Pertama, kukus beras ketan putih yang sudah direndam bersama daun pandan hingga setengah matang.
  2. tuangkan santan cair ke dalam kukusan beras ketan putih. Aduk-aduk , lalu klanjutkan mengukus sampai ketan matang sempurna. Angkat dan sisihkan.
  3. Panaskan santan sedang bersama dengan gula merah dan gula pasir, masak hingga kedua jenis gula itu larut. Angkat dan saring.
  4. Campurkan buah durian yang sudah dihaluskan sebelumnya dengan santan dan gula. Panaskan lagi, aduk-aduk hingga mengental dan sisihkan.
  5. Selanjutnya, campurkan larutan gula santan dan durian dengan ketan putih yang sudah di kukus tadi. Lalu aduk hingga merata.
  6. Masukkan adonan tersebut ke dalam cetakan atau loyang yang sudah diolesi margarin. Padatkan dan biarkan dingin. Kemudian potong – potong wajik sesuai selera.

Itulah resep cara membuat wajik durian anti gagal. Agar hasilnya apik, usahakan mencampur adonan durian dengan ketan saat masih panas ya. Selamat mencoba!