Resep Cara Membuat Nasi Jinggo Khas Bali

Resep Cara Membuat Nasi Jinggo Khas Bali

Resep cara membuat nasi jingo khas Bali – kamu yang tinggal di Bali pasti sudah tidak asing lagi dengan nasi jinggo. Ya, ada banyak orang yang menjual nasi jinggo di pulau Dewata dengan harga yang ramah di kantong.

Kata orang di Bali, nasi jinggo itu mirip nasi kucing di Jawa. Memang, nasi jinggo dihidangkan dalam porsi kecil dan dibungkus dengan daun pisang. Inilah alasan mengapa nasi jinggo harganya murah.

Perlu kamu tahu, nasi jinggo memiliki isian yang cukup lengkap. Pada umumnya, isiannya terdiri dari nasi, serundeng, ayam, kering tempe dan mie. Jadi, dijamin deh rasanya enak dan komplet banget.

Nah, di bawah ini Resep Tante bagikan resep nasi jinggo khas Bali yang enak dan mudah, Siak dengan saksama ya!

Resep Cara Membuat Nasi Jinggo Khas Bali

Ini bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat nasi jinggo khas Bali:

Coba Juga :  Resep Cara Membuat Pepes Bakar Oncom Leunca Enak

Bahan-bahan

  • Nasi putih
  • Kering tempe
  • Ayam pelalah
  • Serundeng
  • Sambal sero
  • Daun pisang

Cara Membuat Nasi Jinggo Khas Bali

Mungkin Anda masih belum mengerti cara membuat sambal sero dan serundeng. Oleh karenanya, di bawah ini kami informasikan langkah-langkah pembuatannya. Simak dengan saksama ya!

  1. Untuk membuat sambal sero, pertama-tama, tumis cabai rawit merah 10 buah dan cabai merah keriting 5 buah yang sudah dipotong-potong plus terasi 1 sdt hingga tercium aroma yang sedap.
  2. Haluskan semua bahan tersebut, tambahkan gula pasir ½ sdt dan garam ½ sdt. Haluskan kembali dan masak hingga matang.
  3. Untuk membuat serundeng, haluskan ketumbar 1 sdm, bawang merah 8 butir, bawang putih 3 butir. kemiri 2 butir, asam Jawa ½ sdt, gula merah 4 sdm dan garam 1 ½ sdt.
  4. Kemudian parut kasar 1 buah kelapa.
  5. Masak kelapa, bumbu-bumbu halus, serai 2 batang, lengkuas 2 cm (memarkan dulu ya!) hingga tercium aroma yang sedap.
  6. Tambahkan air 150 ml dan gula pasir 2 ½ sdm, aduk-aduk merata dan lanjutkan memasak hingga warnanya berubah kecokelatan. Tuangkan minyak goreng 2 sdm, kecilkan api kompor, aduk-aduk merata dan lanjutkan memasak hingga bumbu meresap.
  7. Setelah semua bahan sudah jadi, sekarang kamu bisa menyajikan nasi jinggo. Caranya, siapkan daun pisang, beri nasi, kering tempe, ayam pelalah, serundeng dan sambal sero.
  8. Selesai, nasi jinggo siap dinikmati.
Coba Juga :  Resep Cara Membuat Coto Kuda Jeneponto Mantap

Itulah resep cara membuat nasi jinggo khas Bali. Selamat mencoba!