Resep Cara Membuat Rengginang Gurih dan Renyah

Resep Cara Membuat Rengginang Gurih dan Renyah

Resep cara membuat rengginang gurih dan renyah – hingga saat ini, masyarakat kita masih suka dengan kue kering atau jajanan bernama rengginang. Rasanya yang gurih dan renyah memang mampu memanjakan lidah siapa saja yang menikmatinya.

Memang sudah banyak orang yang menjual rengginang baik yang sudah matang maupun belum matang. Tapi, kamu juga bisa kok membuat rengginang sendiri di rumah. Di bawah ini kami bagikan resep rengginang yang gurih dan renyah selengkapnya. Simak!

Resep Cara Membuat Rengginang Gurih dan Renyah

Ternyata tidak banyak bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat rengginang bercita rasa gurih dan renyah. Berikut di antaranya:

Bahan-bahan

  • Beras ketan 750 gram, rendam dengan air secukupnya selama 3 jam lalu tiriskan
  • Terasi udang 1 sdt
  • Bawang putih 5 butir, haluskan
  • Jeruk nipis 1 buah, ambil airnya
  • Gula pasir 1 sdt
  • Garam 1 ½ sdt
  • Penyedap rasa secukupnya (opsional)
  • Air 375 ml
  • Minyak goreng secukupnya
Coba Juga :  Resep Cara Membuat Kue Carang Gesing Lembut & Enak

Cara Membuat Rengginang Gurih dan Renyah

Jika sudah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, kamu bisa mengikuti langkah-langkah cara membuat rengginang yang gurih dan renyah ala Resep Tante di bawah ini:

  1. Perama-tama, kukus beras ketan hingga setengan matang.
  2. Rebus air hingga mendidih. Masukkan beras ketan setengah matang ke dalam air mendidih tersebut.
  3. Masukkan juga beberapa bahan berikut ini ke dalam air mendidih: bawang putih, perasan air jeruk nipis, garam, gula pasir, terasi udang dan penyedap rasa. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur merata. Lanjutkan memasak hingga ketan matang, lalu angkat.
  4. Selanjutnya, ambil adonan ketan secukupnya, bentuk jadi bulat pipih. Kamu bisa melakukan ini dengan cetakan agar hasilnya lebih rapi.
  5. Jemur ketan di bawah terik matahari langsung hingga kering.
  6. Jika sudah kering, kamu bisa menggoreng ketan dengan minyak panas hingga teksturnya kriuk dan renyah. Angkat dan tiriskan.
  7. Selesai, rengginang siap dinikmati.

Itulah resep cara membuat rengginang yang gurih dan renyah ala Resep Tante. Jika tidak segera dinikmati, sebaiknya taruh rengginang di dalam stoples agar tetap awet dan renyah. Yuk bikin rengginang sendiri di rumah!