Resep Cara Membuat Klepon yang Enak dan Mudah

Resep Cara Membuat Klepon yang Enak dan Mudah

Resep cara membuat klepon yang enak dan mudah – klepon adalah salah satu kue tradisional khas Nusantara yang masih cukup populer saat ini. Klepon memiliki bentuk yang unik, yakni bulat-bulat kecil dengan taburan kelapa parut.

Sudah banyak orang yang menjual klepon, terutama untuk oleh-oleh di daerah tertentu. Akan tetapi, kamu bisa lho membuat klepon sendiri di rumah dengan mengikuti resep dari Resep Tante berikut ini. Simak ya!

Resep Cara Membuat Klepon yang Enak dan Mudah

Membuat klepon sendiri di rumah tidaklah sulit. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga cukup sederhana dan mudah didapatkan. Berikut di antaranya:

Bahan-bahan

  • Tepung ketan 250 gram
  • Tepung beras 50 gram
  • Pasta pandan 1 sdt
  • Daun pandan 1 lembar
  • Gula merah 200 gram, iris halus
  • Kepala ½ butir, diparut
  • Air matang 280 ml
  • Air kapur 2 sdt

Cara Membuat Klepon yang Enak dan Mudah

Setelah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan sebagaimana yang kami sebutkan di atas, mari ikuti langkah-langkah membuat klepon yang enak di bawah ini:

  1. Siapkan wadah. Masukkan tepung beras dan tepung ketan, aduk hingga merata.
  2. Masukkan pasta pandan, tuangkan air kapir dan air matang sedikit demi sedikit sambil diaduk pelan.
  3. Setelah semua bahan tercampur merata, ambil adonan sedikit demi sedikit dengan sendok makan. Pipihkan adonan, beri isian gula merah yang sudah diiris halus secukupnya. Lakukan langkah ini hingga adonan dan gula merah habis ya!
  4. Masak adonan klepon tersebut ke dalam air mendidih. Masak hingga adonan mengapung di atas, lalu angkat dan tirisikan.
  5. Untuk membuat lapiran parut kelapa, terlebih dahulu campurkan kepala parut dengan garam. Aduk hingga merata. Lalu, kukus selama 8 menit.
  6. Setelah adonan klepon matang, segera guling-gulingkan ke dalam kelapa parut yang sudah dikukus. Pastikan kelapa parut tertempel melapisi semua badan klepon ya!
  7. Selesai, klepon ala Resep Tante siap disajikan.
Coba Juga :  Resep Cara Membuat Lumpia Goreng Gurih dan Kriuk

Apabila kamu berminat membuka usaha jualan klepon, kamu boleh kok menduplikat resep di atas. Dijamin deh, pelangganmu pasti suka dengan klepon buatanmu!

Itulah resep cara membuat klepon yang enak dan mudah ala Resep Tante. Selamat mencoba!