Resep Cara Membuat Sambal Bajak Terenak

Resep Cara Membuat Sambal Bajak Terenak

Resep cara membuat sambal bajak terenak – Seperti diketahui, beberapa masakan Indonesia terkenal dengan rasa pedasnya. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya jenis sambal di negeri ini.

Nah, pasti kamu sudah tidak asing dengan sambal bajak, bukan? Sebagai menu pelengkap, sambal bajak cocok sekali disantap dengan nasi hangat dan lauk pauk. Perpaduan rasa pedas dari sambal bajak dengan lauk pauk dapat menambah selera makan kamu. Sambal bajak ini juga bisa kamu simpan buat menu pelengkap di saat ‘jam kritis’ tidak ada makanan siap santap lho.

Di bawah ini kami bagikan resep sambal bajak terenak. Kamu bisa langsung membuatnya di dapur rumah dengan mengikuti resep ini.

Resep Cara Membuat Sambal Bajak Terenak

Siapkan bahan-bahan untuk membuat sambal bajak yang bisa kamu beli di pasar ataupun pedagang sayur keliling. Berikut di antaranya:

Bahan-bahan

  • Ebi 150 gram, diseduh dengan air panas dan dihaluskan
  • Terasi matang 1 sdt
  • Kemiri 5 butir
  • Cabai merah giling 200 gram
  • Minyak goreng 2 sdm
  • Gula pasir 1 sdt
  • Santan kental 150 ml
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Sambal Bajak Terenak

Setelah menyiapkan semua bahan di atas, sekarang ikuti langkah-langkah membuat sambal bajak terenak ala Resep Tante berikut ini:

  1. Haluskan kemiri bersama terasi.
  2. Tumis ebi bersama kemiri dan terasi yang sudah dihaluskan hingga mengeluarkan aroma harum.
  3. Selanjutnya, tambahkan cabai merah giling dan gula ke dalam tumisan tersebut.
  4. Masukkan santan yang sudah kamu siapkan, aduk sebentar agar merat Masak dengan api sedang saja ya! Tunggu hingga sambal mengental dan berwarna pekat lalu angkat.
  5. Selesai, sambal bajak siap disajikan bersama lauk pauk kesukaan di rumah.

Bagaimana, sangat mudah kan membuat sambal bajak ala Resep Tante? Tidak saja mudah, waktu yang dibutuhkan untuk mengolah sambal bajak juga tidak lama.

Sambal bajak bisa kamu sajikan untuk menemani sarapan, makan siang maupun makan malam. Mengingat selera pedas setiap orang berbeda-beda, kamu bisa lho mengatur tingkat kepedasan sambal bajak dengan menambah/mengurangi cabai merah dalam proses pembuatannya.

Itulah resep cara membuat sambal bajak terenak. Selamat mencoba!