Resep Cara Membuat Sambal Kenari Pedas Nikmat

Resep Cara Membuat Sambal Kenari Pedas Nikmat

Resep cara membuat sambal kenari pedas nikmat – masyarakat kita sangat gemar menyantap makanan berat dengan menambahkan sambal sebagai pelengkap. Jadi tidak heran kalau Indonesia memiliki banyak jenis sambal yang nikmat.

Nah, sambal kenari adalah salah satu jenis sambal yang dimiliki negeri ini. Tepatnya, sambal kenari berasal dari Maluku. Meski khas Maluku, sambal ini cukup populer di berbagai daerah di luar Maluku, termasuk pulau Jawa.

Nah, bagi kamu yang pengin membuat sambal kenari, di bawah ini Resep Tante bagikan resep selengkapnya. Simak dengan saksama ya!

Resep Cara Membuat Sambal Kenari Pedas Nikmat

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal kenari sebenarnya tidak jauh berbeda dengan sambal pada umumnya. Namun, ada beberapa bagan yang perlu ditambahkan untuk memunculkan cita rasa yang khas, salah satunya kenari.

Berikut sejumlah bahan yang perlu kamu siapkan terlebih dahulu sebelum membuat sambal kenari pedas nikmat ala Resep Tante:

Coba Juga :  Resep Cara Membuat Sambal Cumi Pedas Nikmat

Bahan-bahan

  • Cabai merah 8 buah
  • Kenari 6 sdm
  • Bawang merah 2 butir
  • Lemon China 1 buah, ambil airnya saja
  • Gula pasir ½ sdt
  • Terasi matang ½ sdt
  • Garam ½ sdt

Cara Membuat Sambal Kenari Pedas Nikmat

Jika semua bahan sudah siap, sekarang kamu bisa mulai membuat sambal kenari bercita rasa pedas nikmat ala Resep Tante dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama-tama, sangrai kenari hingga warnanya berubah kecokelatan, angkat dan sisihkan terlebih dahulu ya!
  2. Setelah itu, haluskan bawang merah, cabai merah dan terasi.
  3. Tambahkan garam dan gula pasir saat menghaluskan beberapa bahan di atas.
  4. Masukkan kenari sangrai dan lanjutkan menghaluskan semua bahan yang ada.
  5. Terakhir, beri perasan air lemon China.
  6. Selesai, sambal kenari siap disajikan.

Sambal kenari sangat cocok dijadikan sajian pelengkap makan utama dengan berbagai macam lauk dan sayur. Bahkan, kamu bisa lho menikmati nasi hangat, ayam plus sambal kenari. Seperti itu saja sudah nikmat banget lho rasanya.

Itulah resep cara membuat sambal kenari pedas nikmat ala Resep Tante. Kamu bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah sekarang juga!