Resep Cara Membuat Kue Lupis Ketan Legit Enak

Resep Cara Membuat Kue Lupis Ketan Legit Enak

Resep cara membuat kue lupis ketan legit enak – kue lupis adalah salah satu kue atau jajanan tradisional yang berasal dari Betawi. Kue ini terbuat dari tepung ketan dan pada umumnya berbentuk segitiga. Namun seiring perkembangan zaman, kini bentuk kue lupis sangat bervariasi. Jadi, kamu bisa mengkreasikan bentuk kue lupis sesuai selera.

Tidak perlu membelinya di penjual kue, kamu bisa lho membuat lupis ketan sendiri di rumah. Agar rasanya legit dan enak, ikuti resep lupis ketan dari Resep Tante berikut ini.

Resep Cara Membuat Kue Lupis Ketan Legit Enak

Ada beberapa bahan yang perlu kamu siapkan sebelum membuat kue lupis ketan, antara lain sebagai berikut:

Bahan-bahan

  • Beras ketan putih 500 gram
  • Larutan air kapur 1 ½ sdm
  • Garam ½ sdt
  • Kelapa muda ½ butir, bersihkan, parut, beri sedikit garam
  • Larutan gula merah atau saus gula 500 ml
  • Daun pisang secukupnya
Coba Juga :  Resep Cara Membuat Kroket Kentang Isi Keju Lezat

Cara Membuat Kue Lupis Ketan Legit Enak

Tidak sulit kok membuat kue lupis ketan sendiri di rumah. Di bawah ini kami informasikan langkah-langkah yang perlu kamu ikuti:

  1. Pertama-tama, cuci beras ketan hingga bersih. Setelah itu, rendam beras ketan selama kurang lebih 15 menit, tiriskan.
  2. Tambahkan larutan air kapur ke dalam beras ketan dan aduk hingga tercampur rata, beri garam dan aduk kembali hingga rata.
  3. Sekarang bungkus campuran beras ketan dengan menggunakan daun pisang hingga terbentuk seperti lontong (kamu bisa juga membentuknya menjadi segitiga atau sesuai selera). Sematkan lidi di ujung daun pisang untuk mengunci bungkusan.
  4. Panaskan air dalam panci atau dandang, rebus kue lupis hingga matang, angkat.
  5. Sajikan kue lupis ini dengan parutan kelapa dan saus gula merah.
  6. Selesai, kue lupis siap dinikmati.

Itulah resep cara membuat kue lupis ketan legit dan enak ala Resep Tante. Selain untuk suguhan tamu yang datang di rumah, kue lupis ketan juga cocok dijadikan camilan keluarga saat bersantai ria, terutama di sore hari. Kue ini cukup mengenyangkan lho sehingga bisa mengganjal perut saat keroncongan.