Resep Cara Membuat Bubur Ketan Hitam Legit dan Enak

Resep Cara Membuat Bubur Ketan Hitam Legit dan Enak

Resep cara membuat bubur ketan hitam legit dan enak – hingga saat ini, masih banyak orang yang menyukai bubur ketan hitam. Perpaduan cita rasa manis legit dari ketan hitam dan gurih dari santan menjadi alasan mengapa mereka suka dengan jenis bubur satu ini.

Bubur ketan hitam biasanya di jual oleh pedagang keliling maupun di pinggir jalan. Harganya terjangkau sehingga bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Namun, kami menyarankan untuk membuat bubur ketan hitam sendiri di rumah. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari bahan-bahan yang kurang menyehatkan bagi tubuh. Berikut kami bagikan resep selengkapnya.

Resep Cara Membuat Bubur Ketan Hitam

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat bubur ketan hitam sangatlah sederhana dan mudah didapatkan. Di antaranya sebagai berikut:

Bahan-bahan

  • Ketan hitam 250 gram
  • Santan 200 ml
  • Gula merah 100 gram
  • Gula pasir 1 sdm
  • Garam 1 sdt
  • Daun pandan 2 lembar
  • Air 1 liter
Coba Juga :  Resep Cara Membuat Bubur Ketan Hitam Enak dan Legit

Cara Membuat Bubur Ketan Hitam

Pertama-tama, kamu harus mencuci bersih ketan hitam, lalu merendamnya selama 3 jam. Berikutnya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Kamu perlu mencuci ketan hitam kembali hingga bersih setelah direndam selama 3 jam. Lalu tiriskan.
  2. Masukkan ketan hitam ke dalam panci, tambahkan air, gula pasir, gula merah dan garam serta daun pandan. Masak dengan api sedang hingga matang ya! Pastikan juga ketan hitam sudah empuk.
  3. Memasak ketan hitam harus diaduk pelan hingga matang. Jika sudah matang, matikan api dan dinginkan.
  4. Selanjutnya, kamu perlu menyiapkan panci satu lagi. Masak santan dengan panci tersebut hingga mendidih. Jangan lupa diaduk-aduk saat memasaknya ya!
  5. Untuk penyajiannya, siapkan mangkuk. Tuangkan bubur ketan hitam yang sudah jadi. Siram dengan kuah santan.
  6. Selesai, bubur ketan hitam siap disajikan.

Menikmati bubur ketan hitam bisa kapan saja. Jika kamu ingin menyantapnya di pagi hari, baiknya bubur ketan hitam dalam keadaan hangat. Sebaliknya, apabila kamu pengin menikmatinya di siang hari, baiknya sajikan dalam keadaan dingin (baru keluar dari kulkas).

Coba Juga :  Resep Cara Membuat Bubur Ikan Kakap Plus Kecombrang

Itulah resep cara membuat bubur ketan hitam yang legit dan enak. Selamat mencoba!