Resep Cara Membuat Madu Mongso Enak

Resep Cara Membuat Madu Mongso Enak

Resep cara membuat madu mongso enak – madu mongso ialah kue tradisional yang berasal dari daerah Jawa Timur. Kue ini terbuat dari ketan yang difermentasi atau tape ketan yang dijenang dan dibungkus dengan kertas minyak warna-warni.

Apakah kamu tertarik mencoba membuat madu mongso sendiri di rumah? Di bawah ini Resep Tante bagikan resep selengkapnya.

Resep Cara Membuat Madu Mongso Enak

Ada beberapa bahan yang perlu disiapkan untuk membuat madu mongso. Tidak banyak kok, ini dia bahan-bahannya:

Bahan-bahan

  • Santan kelapa 750 ml
  • Daun pandan 2 lembar, ikat menjadi simpul
  • Tape ketan hitam 800 gram, tiriskan dan buang airnya.
  • Gula merah 200 gram, sisir halus
  • Daging buah durian 350 gram (bisa diganti dengan buah lainnya sesuai selera)
  • Buah kelapa ½ butir, parut halus
  • Kertas minyak secukupnya (agar menarik, sediakan kertas minyak warna-warni)

Cara Membuat Madu Mongso Enak

Jajanan madu mongso ini sebenarnya cukup mudah dibuat dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Hanya, kamu harus cermat dalam membuatnya. Ikuti langkah-langkah di bawah ini!

  1. Pertama, campurkan gula merah, santan dan daun pandan dalam satu wadah (pakai panci saja). Masak dengan menggunakan api sedang sambil terus diaduk hingga gula merah larut dan mendidih.
  2. Selanjutnya, masukkan buah durian, kelapa dan tape ketan hitam ke dalam campuran santan dan gula merah yang telah mendidih.
  3. Masak terus campuran berbagai bahan tersebut sambil terus diaduk hingga semua bahan tercampur merata. Setelah dirasa cukup, angkat.
  4. Ambil satu sendok makan atau sesuai selera madu mongso, kemudian taruh madu mongso di atas kertas minyak. Gulung madu mongso bebentuk permen atau sesuai selera. Lakukan langkah ini hingga semua kue madu mongso habis.
  5. Selesai, kue madu mongso siap disantap.
Coba Juga :  Resep Cara Membuat Kue Talam Hijau Pandan Enak

Itulah resep cara membuat madu mongso enak ala Resep Tante. Mudah sekali bukan? Madu mongso bisa disajikan sebagai makanan ringan di berbagai acara, seperti acara keluarga. Selain itu, kamu juga bisa menjadikannya sebagai camilan keluarga saat bersantai ria.

Dijamin deh, semua orang bakal memuji enaknya madu mongso buatanmu. Asalkan proses pembuatannya mengikuti resep yang kami bagikan.