Resep Cara Membuat Sambal Balado Enak

Resep Cara Membuat Sambal Balado Enak

Resep cara membuat sambal balado enak untuk berbagai masakan – saat ini memang telah tersedia sambal balado instan. Kita bisa menemukan sambal balado instan ini di supermarket.

Meski begitu, bukan berarti kita tidak boleh membuat sambal balado sendiri di rumah. Mudah kok bikin sambal balado sendiri dan kamu pasti bisa.

Seperti diketahui, sambal balado bisa digunakan untuk membuat berbagai jenis masakan. Di antaranya: terong balado, telur balado, ayam balado, tongkol balado, tempe balado dan lain sebagainya.

Nah, di bawah ini Resep Tante bagikan resep sambal balado yang enak dan cocok untuk berbagai masakan. Simak dengan saksama ya!

Resep Cara Membuat Sambal Balado Enak untuk Berbagai Masakan

Siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal balado ala Resep Tante. Berikut di antaranya:

Bahan-bahan

  • Cabai setan (sejenis cabai merah keriting) 100 gram, haluskan
  • Bawang merah 50 gram, haluskan
  • Tomat merah 150 gram, haluskan
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
Coba Juga :  Resep Cara Membuat Sambal Udang Kacang Panjang Enak

Cara Membuat Sambal Balado untuk Berbagai Masakan

Setelah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, kamu bisa mulai membuat sambal balado ala Resep Tante dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama-tama, tumis cabai setan, bawang merah dan bawang merah hingga matang. Gunakan api kecil saja ya!
  2. Bumbui tumisan balado dengan gula pasir dan garam, aduk-aduk hingga merata. Lanjutkan memasak hingga sambal balado matang.
  3. Selesai, sambal balado siap diolah bersama bahan lainnya.

Selain yang kami sebutkan di atas, sambal balado juga bisa dijadikan bumbu nasi goreng. Nasi goreng sambal balado ini memiliki cita rasa yang enak dan berbeda lho dengan nasi goreng pada umumnya.

Bagaimana, mudah banget kan bikin sambal balado sendiri? Daripada beli di supermarket, mending bikin sendiri di rumah. Bisa irit pengeluaran lho!

Oh ya, kamu bisa menikmati olahan sambal balado, seperti telur balado, ayam balado dan tongkol balado langsung dengan nasi putih hangat. Menu ini cocok banget disantap sebagai makan siang.

Itulah resep cara membuat sambal balado yang enak untuk berbagai masakan. Selamat mencoba di rumah!