Resep Cara Membuat Getuk Trio Magelang Legit

Resep Cara Membuat Getuk Trio Magelang Legit

Resep cara membuat getuk trio magelang legit – kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan kue bernama getuk. Tapi, kamu tahu tidak kue getuk trio khas Magelang?

Sama seperti getuk pada umumnya, getuk trio Magelang terbuat dari singkong. Tapi, tampilan getuk trio ini sangat menarik karena disajikan dalam tiga warna yang berbeda.

Di bawah ini, Resep Tante bagikan resep getuk trio khas Magelang yang legit dan enak. Simak dengan saksama!

Resep Cara Membuat Getuk Trio Magelang

Ada beberapa bahan yang harus kamu siapkan sebelum membuat getuk trio Magelang. Berikut di antaranya:

Bahan-bahan

  • Singkong 1/2 kg, kupas dan bersihkan, lalu potong-potong menjadi beberapa bagian sesuai selera
  • Kelapa 1/2 butir, bersihkan, parut, kukus
  • Gula pasir 150 gram
  • Garam 1/2 sdt
  • Pewarna makanan cokelat secukupnya
  • Pewarna makanan merah muda secukupnya
  • Air secukupnya

Resep Cara Membuat Getuk Trio Magelang

Inilah langkah-langkah yang harus kamu ikuti untuk membuat getuk trio khas Magelang:

  1. Pertama-tama, kukus singkong yang sudah dibersihkan dan dipotong hingga benar-benar matang. Biarkan hingga uapnya menghilang.
  2. Setelah uap benar-benar hilang, campur singkong dengan gula pasir dan garam dalam satu wadah. Setelah itu, tumbuk atau haluskan campuran singkong hingga benar-benar halus serta lembut. Untuk mempermudah, kamu juga bisa menggunakan gilingan getuk atau gilingan daging.
  3. Selanjunya, pisahkan singkong menjadi tiga bagian dalam tiga wadah berbeda. Beri salah satu bagian dengan pewarna makanan cokelat, satu lainnya dengan pewarna makanan merah muda dan satu bagian sisanya tetap berwarna putih tanpa diberi pewarna makanan.
  4. Siapkan loyang cetakan, lapisi dengan plastik. Kemudian tuangkan adonan yang berwarna merah muda dan padatkan. Tambahkan adonan berwarna putih, ratakan dan padatkan. Terakhir tuangkan adonan singkong yang berwarna cokelat, ratakan dan padatkan.
  5. Potong atau cetak adonan getuk yang sudah padat sesuai selera.
  6. Selesai, getuk trio siap disajikan.
Coba Juga :  Resep Cara Membuat Opor Ayam Betawi yang Lezat

Itulah resep cara membuat getuk trio khas Magelang ala Resep Tante. Getuk trio ini bisa kamu sajikan dalam acara-acara tertentu, seperti acara keluarga. Selain itu, kamu juga bisa menjadikannya camilan saat bersantai ria. Selamat mencoba!