Resep Cara Membuat Sambal Tuktuk Khas Batak

Resep Cara Membuat Sambal Tuktuk Khas Batak

Resep cara membuat sambal tuktuk khas Batak – sambal tuktuk adalah sambal yang sangat terkenal di tanah Batak. Ya, sambal tuktuk ini memang khasnya orang Batak dengan penambahan bumbu andaliman dalam pembuatannya.

Di tanah Batak, sambal tuktuk ini mudah ditemukan di rumah makan atau warung-warung makan. Nah, bagi kamu yang tinggal jauh dari Batak, kamu bisa kok membuat sambal tuktuk sendiri di rumah.

Di bawah ini, Resep Tante bagikan resep sambal tuktuk khas Batak yang enak dan pedas. Simak dengan saksama ya!

Resep Cara Membuat Sambal Tuktuk Khas Batak

Terlebih dahulu siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal tuktuk khas Batak berikut ini. Tidak banyak kok bahan-bahan yang perlu disiapkan!

Bahan-bahan

  • Cabai merah besar 4 buah
  • Cabai rawit merah 4 buah (bisa dikurangi/ditambah sesuai selera)
  • Ikan gabus 50 gram, goreng matang lalu suwir-suwir
  • Jeruk nipis 1 buah, ambil airnya saja
  • Andaliman secukupnya
  • Gula merah 1 sdt
  • Garam ½ sdt
Coba Juga :  Resep Cara Membuat Mie Tek Tek Goreng Pedas Mantap

Cara Membuat Sambal Tuktuk Khas Batak

Setelah semua bahan sudah siap, sekarang yuk ikuti langkah-langkah cara membuat sambal tuktuk khas Batak berikut ini dengan saksama!

  1. Pertama-tama, haluskan cabai rawit merah dan cabai merah.
  2. Setelah semua cabai sudah halus, tambahkan andaliman, perasan air jeruk nipis, ikan gabus, gula merah dan garam. Haluskan lagi dan pastikan semua bahan tercampur merata ya!
  3. Selesai, sambal tuktuk siap disajikan.

Bagaimana, sangat mudah kan membuat sambal tuktuk khas Batak sendiri di rumah? Sambal tuktuk ini sangat cocok dinikmati bersama nasi hangat dengan berbagai jenis lauk dan sayuran. Dijamin deh, rasanya enak banget!

Kamu bisa menyajikan sambal tuktuk ini sebagai sajian pelengkap untuk sarapan, makan siang dan/atau makan malam keluarga. Seperti diketahui, masyarakat kita sering kali menyantap makanan utama dengan menambahkannya sambal pedas.

Katanya, kehadiran sambal mampu memberikan kenikmatan yang lebih. Jadi, tidak ada salahnya kamu menyajikan sambal tuktuk untuk makan utama keluarga.

Itulah resep cara membuat sambal tuktuk khas Batak dari Resep Tante. Selamat mencoba!