Beberapa Hal Yang Belum Kamu Tahu Tentang Telur

Beberapa Hal Yang Belum Kamu Tahu Tentang Telur

Kita menggunakan telur dalam banyak resep. Mereka adalah bahan pokok di dapur. Telur bisa direbus, di-poach, digoreng, diorak – arik, atau digunakan sebagai bahan pembuatan kue, adonan, dan kue.

Sebagai alternatif, gunakan telur untuk mengentalkan saus atau menambahkan udara untuk mencerahkan hidangan.

Tapi apakah kamu tahu banyak tentang telur?

Kemungkinannya adalah kamu bahkan tidak pernah memikirkannya. Nah, sudah saatnya kita bahas masalah ini. Aspek terpenting dari telur adalah kantung udara (pasti pikiranmu akan mengatakan cangkangnya).

Saat pertama kali keluar, telur hampir tidak memiliki udara di dalamnya. Namun, karena cangkangnya berpori, memungkinkan udara masuk. Dan seiring berjalannya waktu, udara bergerak di dalam telur dan kantong udara membesar.

Saat kantong udara ini membesar, kelembapan di dalam telur menguap. Jadi, seiring bertambahnya usia telur, kuning telur menjadi kurang montok dan rata dan putihnya terpisah dan menyebar.

Dan ini semua berdampak pada masakan yang akan dihasilkan. Tergantung pada bagaimana kita berniat menggunakan telur menentukan seberapa segar telur yang harus digunakan. Jika kita menggoreng telur yang berusia tua, pasti akan berakhir dengan bentuk pipih, bukan telur bulat yang rapi.

Telur yang lebih tua akan semakin rapuh dan sulit dipisahkan putih dan kuningnya. Berbeda dengan telur segar, yang memiliki kulit bagian dalam yang kencang dan keras.

Hal ini membuat mengupas kulit telur rebus sangat membuat frustasi. Saat telur menua dengan kulit mengendur memungkinkan cangkang untuk dikupas lebih mudah.

Jika kamu cukup beruntung memiliki ayam sendiri, maka pasti tahu berapa umur telurnya. Tetapi bagaimana jika kita membeli dari toko?

Cara termudah untuk mengetahui berapa umur telur adalah dengan meletakkan telur di baskom berisi air.

Jika tenggelam dan terletak secara horizontal – sangat segar.
Jika tenggelam tetapi sedikit miring – sekitar 1 minggu.
Jika tenggelam tetapi berdiri secara vertikal – lebih tua
Tapi jika mengapung – pasti busuk dan hati-hati jangan sampai cangkangnya pecah.

Beberapa orang lebih suka telur coklat dan ada yang suka telur putih. Tapi secara nutrisi mereka sama. Kuning telur juga akan bervariasi warnanya tergantung dari pakan si ayam.

Apakah kamu menemukan telur retak saat mendidih? Nah, ikuti langkah-langkah sederhana ini untuk mendapatkan telur yang sempurna setiap saat.

  1. Gunakan telur berumur 2 minggu dan pastikan berada pada suhu kamar. Tusuk dengan jarum di ujung telur yang datar dan bulat – ini memungkinkan uap yang mungkin menumpuk untuk keluar.
  2. Gunakan panci sekecil mungkin, agar telur pas di dalam – Anda tidak ingin terlalu banyak ruang karena telur dapat memantul dan pecah.
  3. Didihkan tapi hanya mendidih jangan sampai keras. Ikuti tips berikut dan telur tidak akan pecah.

Jadi, untuk menggoreng dan merebus gunakan telur sesegar mungkin. Saat resep mengharuskan telur untuk dipisahkan, gunakan juga telur segar. Tetapi jika ingin telur mudah dikupas gunakan yang lebih tua. Dan dalam hal orak – arik, yang lebih segar adalah yang terbaik tetapi yang lebih tua juga bisa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *