Resep Cara Membuat Kolak Sari Kelapa Enak dan Segar

Resep Cara Membuat Kolak Sari Kelapa Enak dan Segar

Resep cara membuat kolak sari kelapa enak dan segar – bosan dengan kolak pisang, kolak singkong dan/atau kolak labu kuning? Bikin saja kolak sari kelapa!

Kolak sari kelapa ini banyak dijual di Cianjur dan sekitarnya. Nah, jika tempat tinggalmu jauh dari Cianjur dan tidak ada penjual kolak sari kelapa di sana, kamu bisa membuatnya sendiri dengan mengikuti resep berikut ini. Simak dengan saksama ya!

Resep Cara Membuat Kolak Sari Kelapa Enak dan Segar

Tidak banyak kok bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kolak sari kelapa. Berikut di antaranya:

Bahan-bahan

  • Tepung beras 1 sdt, larutkan dengan air sedikit saja
  • Selai kacang halus 200 gram
  • Air matang 750 gram
  • Gula pasir 50 gram
  • Daun pandan 2 helai, bentuk simpul
  • Santan 100 ml
  • Sari kelapa (nata de coco) 200 gram, tiriskan
  • Putu mayang 200 gram
Coba Juga :  Resep Cara Membuat Opor Ayam Betawi yang Lezat

Cara Membuat Kolak Sari Kelapa Enak dan Segar

Setelah semua bahan sudah siap, sekarang kamu bisa mengikuti langkah-langkah cara membuat kolak sari kelapa ala Resep Tante berikut ini:

  1. Pertama-tama, campurkan dalam satu wadah selai kacang dengan air matang sambil diaduk merata. Tuangkan air matang sedikit demi sedikit ya!
  2. Masukkan gula pasir, santan dan daun pandan ke dalam campuran selai kacang, masak hingga mendidih sambil diaduk merata.
  3. Tuangkan larutan tepung beras, aduk-aduk lagi, lanjutkan memasak hingga teksturnya mengental dan mendidih, lalu angkat.
  4. Siapkan mangkuk atau gelas saji, taruh nata de coco dan putu mayang secukupnya. Siram dengan kuah kolak.
  5. Selesai, kolak sari kelapa siap dinikmati.

Di Cianjur, kolak sari kelapa juga dikenal dengan nama kolak manisan coco. Biasanya, para pelancong kepincut untuk membeli kolak sari kelapa ini saat berada di Cianjur.

Kamu bisa menikmati kolak sari kelapa dalam keadaan hangat maupun dingin. Jika ingin dingin, tambahkan es batu secukupnya atau kamu bisa terlebih dahulu menaruh kolak sari kelapa di lemari es.

Coba Juga :  Resep Cara Membuat Bubur Lemu Khas Jawa Barat

Itulah resep cara membuat kolak sari kelapa yang enak dan segar ala Resep Tante. Selamat bikin kolak sari kelapa sendiri di rumah!